TIPS MïEMBEDAKAN MADU MURNI DAN MADU OPLOSAN


Madu memang menjadi salah satu bahan minuman alami yang paling banyak digunakan di masyarakat karena manfaatnya. Selain dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh, madu juga dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan. Namun karena kebutuhan yang sangat besar, ada saja produk madu palsu (oplosan) yang dijual bebas. Memang cukup sulit untuk melihat dan membedakan madu murni dan madu Oplosan hanya dari kemasannya saja.
Sebelum membahas bagaimana membedakan madu yang murni dan mana yang Oplosan, ada baiknya diketahui terlebih dahulu apa itu madu. Madu adalah hasil proses bahan nektar yang didapatkan oleh lebah dari bunga gigi yang dikumpulkan di sarang lebah kemudian akan menjalani pengolahan di dalamnya.
Enzim yang dihasilkan oleh lebah akan bercampur dengan nektar lalu masuk ke proses fermentasi untuk nektar. Kemudian proses menghasilkan madu dan semua cairan dalam madu akan keluar dan tersisa madu murni.
Untuk diketahui bahwa semua manfaat yang terkandung dalam madu tersebut bisa didapatkan apabila madu yang dikonsumsi itu merupakan madu yang asli atau murni. Madu murni merupakan madu tanpa adanya campuran bahan lain di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membedakan mana yang madu murni dan mana yang palsu.

  • Meneteskan madu ke dalam air
Untuk dapat mengetahui Apakah madu itu merupakan madu murni atau madu yang sudah di oplos cukup dengan memasukkan 1 tetes madu ke dalam air. Jika kerjasama tersebut tidak tercampur dengan air dan terjatuh ke dasar air maka madu tersebut asli atau murni, Namun apabila tetesan madu bisa tercampur atau terapung dalam air, maka bisa dikatakan bahwa madu tersebut palsu atau sudah dioplos.

  • Percobaan korek api
Keaslian madu juga bisa diuji dengan melumuri ujung korek api kayu dengan madu titik kemudian gesekan ujung korek api yang sudah dilumuri untuk menyalakannya. Apabila korek api masih bisa menyala setelah dilumuri madu maka madu yang digunakan adalah madu asli. Sebaliknya jika korek api tidak mau menyala, maka kemungkinan madu tersebut adalah madu palsu atau madu yang sudah di oplos atau dicampur dengan bahan lain.

  • Membekukan madu
Untuk mengetes keaslian madu dapat juga dengan cara memasukkan madu tersebut ke dalam freezer atau lemari pembeku. Jika madu tersebut tidak membeku setelah dimasukkan beberapa lama maka dapat dipastikan bahwa madu tersebut adalah madu asli atau madu murni, Sebaliknya apabila madu tersebut membeku maka sudah dapat dipastikan bahwa madu tersebut merupakan madu yang sudah dicampur atau madu palsu.

  • Pengujian dengan menggunakan kertas.
Cara lain untuk menguji keaslian madu adalah dengan cara menuangkan madu ke atas kertas. Apabila setelah dituangkan madu kertas tersebut tidak mudah robek maka dapat dipastikan bahwa madu tersebut adalah madu asli atau madu murni Namun apabila kertas tersebut mudah robek maka madu tersebut dapat dipastikan telah dicampur atau dioplos.

  • Menguji madu dengan cara merebusnya di sendok
Cara ini dilakukan dengan menuangkan madu ke dalam sendok kemudian membakar sendok tersebut di atas api. Apabila madu tersebut mengeluarkan busa yang cukup banyak dan bahkan melimpah keluar sendok maka dapat dipastikan bahwa madu tersebut adalah madu yang masih murni atau asli, Sebaliknya apabila usaha yang dihasilkan hanya sedikit maka kemungkinan besar madu tersebut adalah madu Oplosan atau madu palsu.

 Produk terkait

Pengujian Keaslian Madu
Sumber :https://www.youtube.com/watch?v=qNh59jvQt-0 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar